Cara Pasang Booster Antena TV

Booster antena tv berfungsi untuk menguatkan sinyal yang diterima oleh antena TV. Booster antena tv sangat berguna bagi pengguna TV yang jaraknya jauh dari pemancar tv terutama di daerah pelosok pedesaan.Booster antena biasa digunakan untuk penguat sinyal antena outdoor.

Booster antena tv pada umumnya terdiri dari dua bagian,yaitu bagian Booster itu sendiri(booster atas)dan catu daya booster(booster bawah)yang di dalamnya terdapat trafo kecil yang berfungsi untuk powe supply dan bisa di colok ke arus listrik.Booster tersebut memiliki dua terminal input dari antena, satu untuk antena VHF dan satu lagi untuk antena UHF.

Saat ini hampir semua pemancar TV memancarkan sinyal UHF. Jadi gunakan terminal untuk UHF saja sebagai input dari antena. Untuk output bagian booster disambungkan dengan kabel antena ke arah catu daya booster(booster bawah). Sambungkan pada terminal dicatu daya booster yang terdapat tulisan “to booster”.

Sedangkan catu daya memiliki dua terminal “to booster” yang disambungkan ke bagian booster dan “to Tv” yang disambungkan ke TV. Usahakan panjang kabel antena dari catu daya ke TV jangan terlalu panjang.

Jika sinyal yang diterima TV sudah bagus, bagian booster bisa dipasang di dalam rumah agar lebih awet terhindar dari air hujan. Tetapi jika sinyal yang diterima masih jelek bagian booster dipasang sekitar 1-1,5 meter dibawah antena outdoor.

Jika ingin membuat paralel antena,paralel dapat diambil dari terminal “to TV” pada bagian catu daya booster. Kalau TV yang mau diparalel antena jaraknya jauh dan sinyal yang diterima kurang bagus,paralel bisa diambil dari terminal “to booster” pada catu daya dengan cara memasang kondensor keramik yang nilainya sama dengan yang terdapat didalam catu daya pada ujung kabel antena sebelum masuk ke TV.Cara pemasangan kondensor keramik seperti pada terminal “to TV” pada catu daya booster

 

 

cara pasang booster antena tv

 

Keterangan:
A=sambungan ke driver antena
B=terminal ke antena UHF
C=terminal ke antena VHF
D=terminal catu daya ke booster
E=terminal dari catu daya ke TV
F=tempat kabel tembaga
G=tempat kabel serabut
H=penghubung ke arus listrik

Begitulah kira-kira cara pasang booster antena TV untuk menguatkan sinyal yang diterima oleh antena TV yang Anda miliki. Namun terkadang pakai jenis booster antena TV yang telah dijelaskan diatas ada yang berhasil dan ada yang tidak, ada yang gambarnya jadi lebih bening,ada yang tetap seperti sebelumnya dan ada pula yang justeru jadi tambah jelek.

Nah ada satu alat yang fungsinya sama dengan booster antena TV yang telah dijelaskan di atas tapi cara pasangnya lebih mudah dan hasilnya lebih bagus. Alat ini juga lebih aman dari cuaca panas dan hujan karena tidak perlu dipasang di dekat antena, cukup dipasang di dalam rumah di dekat TV. Alat ini juga memiliki fungsi lainnya yaitu bisa untuk paralel antena TV dari satu antena ke beberapa TV mulai dari 2 TV,3TV,4TV bahkan ada yang bisa untuk 8 TV sekaligus.

Jadi apa fungsi alat ini ?

1. Splitter : Untuk split dari 1 Antena ke beberapa TV
2. Booster : Untuk memperkuat signal dari Antena

Kegunaan :

Kalau gambar tayangan TV di rumah jelek, kemungkinan masalahnya adalah frekuensi signal TV yang jelek.Apalagi kalau tinggal di daerah terpencil yang jauh dari pemancar TV, kemungkinan besar menonton film / acara favorit jadi sangat terganggu.

Dengan CATV Signal Amplifier ini, masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah. Gambar tayangan pada TV akan menjadi LEBIH BAIK & JERNIH dari sebelumnya, sekalipun merk TV nya bukanlah merk terkenal & berasal dari Negeri Antah Berantah.

Cara pemasangan kabelnya cukup mudah yaitu menggunakan F konektor & ada petunjuknya di bagian belakang kemasannya. Setelah terpasang dengan benar, kita bisa mengatur penguatnya dengan cara memutar pengatur yang berada pada bagian badan alat (warna merah)

Cara memasang kabel antena TV ke F Konektor :
1. Kupas kabel antena TV sampai tersisa inti kabel yang terbuat dari tembaga, masukan ke dalam F konektor, sesuaikan panjang inti tembaga/kabel tersebut sehingga bisa konek pada saat di colok ke alat CATV Signal Amplifier.
2. Serabut luar dari kabel TV dipasang di luar F konektor lalu dijepit pakai ring, ring tersebut bisa juga di press menggunakan tang
3. Perhatikan, jangan sampai serabutnya berantakan / mengenai inti kabel karena hasilnya jadi kurang bagus

Booster Antena TV & CATV Signal Amplifier 2 Way (untuk paralel 2 TV)

Cara Pasang Booster Antena TV 1

Barang ini dijual dengan harga cukup murah yakni Rp.65.000 dan bisa Anda beli secara online melalui Bukalapak di link ini.

Booster Antena TV & CATV Signal Amplifier 3 Way (untuk paralel 3 TV)

Cara Pasang Booster Antena TV 2

Barang ini dijual dengan harga cukup murah yakni Rp.75.000 dan bisa Anda beli secara online melalui Bukalapak di link ini.

Booster Antena TV & CATV Signal Amplifier 4 Way (untuk paralel 4 TV)

Cara Pasang Booster Antena TV 3

Barang ini dijual dengan harga cukup murah yakni Rp.95.000 dan bisa Anda beli secara online melalui Bukalapak di link ini.

Booster Antena TV & CATV Signal Amplifier 8 Way (untuk paralel 8 TV)

Cara Pasang Booster Antena TV 4

Barang ini dijual dengan harga cukup murah yakni Rp.175.000 dan bisa Anda beli secara online melalui Bukalapak di link ini.