Home » » Cara Pasang Booster Antena TV

Cara Pasang Booster Antena TV

Booster antena tv berfungsi untuk menguatkan sinyal yang diterima oleh antena TV. Booster antena tv sangat berguna bagi pengguna TV yang jaraknya jauh dari pemancar tv terutama di daerah pelosok pedesaan.Booster antena biasa digunakan untuk penguat sinyal antena outdoor.

Booster antena tv terdiri dari dua bagian,yaitu bagian Booster itu sendiri(booster atas)dan catu daya booster(booster bawah)yang di dalamnya terdapat trafo kecil yang berfungsi untuk powe supply dan bisa di colok ke arus listrik.Booster memiliki dua terminal input dari antena, satu untuk antena VHF dan satu lagi untuk antena UHF. Saat ini hampir semua pemancar TV memancarkan sinyal UHF. Jadi gunakan terminal untuk UHF saja sebagai input dari antena. Untuk output bagian booster disambungkan dengan kabel antena ke arah catu daya booster(booster bawah). Sambungkan pada terminal dicatu daya booster yang terdapat tulisan "to booster".

Sedangkan catu daya memiliki dua terminal "to booster" yang disambungkan ke bagian booster dan "to Tv" yang disambungkan ke TV. Usahakan panjang kabel antena dari catu daya ke TV jangan terlalu panjang.

Jika sinyal yang diterima TV sudah bagus, bagian booster bisa dipasang di dalam rumah agar lebih awet terhindar dari air hujan. Tetapi jika sinyal yang diterima masih jelek bagian booster dipasang sekitar 1-1,5 meter dibawah antena outdoor.

Jika ingin membuat paralel antena,paralel dapat diambil dari terminal "to TV" pada bagian catu daya booster. Kalau TV yang mau diparalel antena jaraknya jauh dan sinyal yang diterima kurang bagus,paralel bisa diambil dari terminal "to booster" pada catu daya dengan cara memasang kondensor keramik yang nilainya sama denga yang terdapat didalam catu daya pada ujung kabel antena sebelum masuk ke TV.Cara pemasangan kondensor keramik seperti pada terminal "to TV" pada catu daya booster

Keterangan:
A=sambungan ke driver antena
B=terminal ke antena UHF
C=terminal ke antena VHF
D=terminal catu daya ke booster
E=terminal dari catu daya ke TV
F=tempat kabel tembaga
G=tempat kabel serabut
H=penghubung ke arus listrik

Begitulah kira-kira cara pasang booster antena TV untuk menguatkan sinyal yang diterima oleh antena TV yang Anda miliki.Tapi jika Anda ingin mencoba antena TV tanpa booster dan tanpa komponen elektronik dengan hasil gambar bagus dan jernih pakailah Antena TV Bagus Model Parabola
Share this :