Home » » Era TV Digital di Indonesia

Era TV Digital di Indonesia

Konon kabarnya mulai 2017 Indonesia resmi menggunakan Televisi Digital.Televisi Digital merupakan teknologi terbaru yang gambarnya jernih, sejernih apa? Sejernih DVD atau bahkan HD dengan kualitas gambar 5 X hasil gambar DVD dijamin Televisi Digital tidak ada semut dan gambarnya kinclong.

Lalu pesawat televisi apa yang bisa menangkap siaran digital? Jawabannya yaitu pesawat televisi yang dirancang dari pabriknya memang sudah digital,dan pesawat televisi analog  yang sudah kita miliki sejak lama juga bisa.Pokoknya semua jenis televisi bisa menangkap siaran televisi digital.

Perbedaannya adalah bahwa pada pesawat televisi yang dari pabriknya memang dirancang sudah digital,berarti  langsung bisa menerima siaran digital.Sedangkan pada pesawat televisi analog supaya bisa menangkap siaran digital maka harus ditambah suatu alat yang disebut DVB-T Receiver singkatan dari Digital Video Broadcasting Terrestrial (penyiaran video digital area darat) yang sekarang sudah berkembang lagi menjadi Digital Video Broadcasting - Terrestrial second generation(DVB-T2).Saat ini alat tersebut dikenal dengan nama Set Top Box DVB-T2.Tapi jngan sampai salah paham ya...terkadang ada yang mengira bahwa TV LCD/LED itu pasti sudah digital,padahal belum tentu juga (bisa dicek pada saat mencari channel,apakah ada pilihan digitalnya atau hanya analog).

Lalu apakah TV digital tetap memerlukan antena ? Jawabannya adalah perlu.Lalu,antena apa yang bisa dipakai? Jawabannya adalah,semua antena TV VHF / UHF yang biasa kita pakai sebelumnya tentu saja bisa digunakan untuk menangkap siaran digital Perbedaannya adalah  dengan ditambahkannya receiver DVB-T2 maka siaran yang ditangkap adalah siaran digital.Penyiaran televisi digital terrestrial adalah penyiaran yang menggunakan frekuensi radio VHF / UHF seperti halnya penyiaran analog, akan tetapi dengan format konten yang digital.

Pada sistem penyiaran televisi analog,jika jarak dari stasiun pemancar televisi semakin jauh biasanya sinyal yang tertangkap akan semakin melemah dan penerimaan gambar menjadi jelek dan terkadang gambarnya berbayang atau malah banyak semutnya.Sedangkan pada sistem penyiaran televisi digital penerimaan gambar dan suara akan tetap bagus dan jernih kecuali pada lokasi atau titik dimana sinyal tidak dapat diterima sama sekali.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyiaran Televisi digital hanya ada dua status yaitu sinyal bisa diterima (1) atau sama sekali tidak bisa menerima sinyal (0). Artinya, bila  sinyal siaran digital masih dapat diterima maka gambar dan suara bagus dan jernih. Lalu sebaliknya jika sinyal tidak bisa diterima maka gambar dan suara tidak akan muncul sama sekali.

Sebenarnya siaran TV satelite yang biasa dikenal siaran parabola digital juga menghasilkan gambar dan suara yang bagus.Tapi untuk dapat menikmati siaran parabola gratis/FTA(fly to air) , paling tidak kita harus mengeluarkan dana 1,5-2 juta rupiah untuk membeli peralatannya.Atau mendapat peralatan gratis (dipinjamkan) tapi kita harus membayar atau mengeluarkan biaya tiap bulannya (TV Berlangganan).

Oleh sebab itu,hingga saat ini Siaran TV (UHF dan VHF) analog masih menjadi favorit masyarakat karena lebih murah dan gratis.Dari sisi kualitas gambar dan suara tentu saja berbeda dengan system digital,namun siaran tv analog sebenarnya masih bisa dimaksimalkan supaya bisa menghasilkan gambar yang bagus dan jernih.Dalam hal ini kita harus memilih atau menggunakan antena yang bagus,menggunakan kabel antena yang cocok,tinggi antena disesuaikan dan pastikan bahwa seluruh konektor terhubung dengan sempurna dan benar dan jangan sampai ada kabel yang tergulung.

Jika kebetulan Anda sekarang sedang bingung dalam hal memilih antena tv yang bagus atau sudah gonta-ganti antena tapi tetap saja hasilnya belum maksimal,coba gunakan Antena TV Bagus Model Parabola.Jika hanya sekedar ingin menikmati siaran tv lokal dengan penerimaan bagus dan jernih antena ini sudah cukup bisa diandalkan.Meskipun siarannya belum digital tapi penerimaan gambar dan suaranya sudah cukup memuaskan.

Lalu apakah antena ini juga bisa digunakan untuk menerima siaran TV digital? Jawabannya adalah sangat bisa.Seperti yang telah dijelaskan bahwa penyiaran Televisi digital hanya mengenal dua status yaitu sinyal bisa diterima (1) atau sama sekali tidak bisa diterima (0),maka menggunakan antena ini sangat direkomendasikan karena sangat peka untuk menerima sinyal.Keunggulan lain dari antena ini adalah sangat awet dan tahan lama hingga puluhan tahun karena anti karat dan anti rontok.
Share this :